gtag('config', 'UA-171687211-1'); Biaya Umrah Naik 30-40 Persen Akibat Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman


.

Biaya Umrah Naik 30-40 Persen Akibat Covid-19

Wednesday, August 12, 2020



Biaya umrah naik 30-40 persen dikarena kan pandemi Corona COVID-19. Beberapa faktor kenaikan terjadi di antaranya terbatasnya kuota yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi.


Wakil Ketua Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri), Fauzan Kamil, mengatakan bahwa  adanya kenaikan  pajak hingga 15 persen di Arab Saudi.

Faktor harga naik karena ada pembatasan kuota yang otomatis hukum supply and demand itu berlaku. Artinya, dengan kuota dibatasi, otomatis harga visa terkerek naik dan mungkin dari airline dan hotel ada kenaikan," ujar Fauzan.

"Harga umrah pasti ada kenaikan 30 sampai 40 persen karena ada komponen-komponennya yang juga naik," kata Fauzan  Selasa, (11/08/20).


Indonesia salah satu negara yang diprioritaskan oleh pemerintah Arab Saudi, karena menjadi negara terbanyak penyumbang jemaah umrah. Namun, karena sekarang masih masa pandemi, pembatasan kuota tetap diberlakukan.

"Kita (Indonesia) juga punya kedekatan emosional (dengan Arab Saudi) tapi kuota tetap ada," kata Fauzan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kemungkinan Arab Saudi akan membuka kembali layanan penerbangan internasionalnya pada 18 Oktober 2020. Itu menjadi pertanda akan dibukanya lagi umrah.

Saat ini puluhan ribu orang dari Indonesia  menanti waktu untuk beribadah umrah setelah tertunda berbulan-bulan karena pandemi.

"Kami prioritaskan (keberangkatan) jemaah yang pending-pending," ujarnya.



Sumber:Faktor Penyebab Biaya Umrah Naik 30-40 Persen Saat Pandemi Corona