gtag('config', 'UA-171687211-1'); Baru Tau, Ternyata Kacang Hijau Asal Medan Dikenal Hingga Luar Provinsi Sumut -->

Iklan Semua Halaman


 

.

Baru Tau, Ternyata Kacang Hijau Asal Medan Dikenal Hingga Luar Provinsi Sumut

Monday, August 31, 2020

 


 Selain kacang tanah. kacang hijau juga sering dikonsumsi masyarakat Indonesia, karena memiliki manfaat seperti mencegah penyakit jantung, penyakit kanker, menambah sistem kekebalan tubuh, serta sejumlah manfaat lainnya.

 

Biasanya kacang hijau hanya dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat bubur, namun berbeda di jalan Prastya I, Desa Sei Semayang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kacang hijau diolah oleh satu UKM menjadi cemilan yang mampu meraup untung hingga  jutaan rupiah perbulannya.

 

Chaidir Ali, seorang pemilik usaha kecil menengah (UKM) Jolley, mengatakan kacang hijau dijadikan cemilan yang bisa dimakan di semua kalangan dan sudah dijual keluar Provinsi bahkan sudah sampai ke pulau Bali. ”Jolley ini adalah snack kacang hijau olahan, kita ubah menjadi cemilan siap makan yang bisa dikonsumsi oleh anak bawah umur sama semuanya. Terus Jolley juga saat ini kita produksi masih rumahan, kita juga Alhamdulillah sudah kita pasarkan di luar Sumatera bahkan sampai di pulau Bali”, Ucap Chaidir Ali.

 

Kacang hijau Jolley, diolah sangat sederhana dengan mencampurkan adonan tepung dan telur sebelum digoreng. Untuk menjaga kualitas cemilannya, kacang hijau terlebih dahulu dicuci dan direndam menggunakan air serta ramuan khusus sebelum dicampur dengan adonan tepung.

 

Alat yang digunakan juga sederhana, karena menggunakan alat masak yang bisa dibeli di pasaran dengan harga yang terjangkau bagi para pegiat UKM.

 

Perharinya Chaidir Ali mampu menghasilkan ratusan bungkus ukuran 150 dan 50 gram, dengan empat variasi rasa seperti original, balado, rumput laut dan pedas. Masing-masing rasa dijual Rp. 5.000 hingga Rp.15.000/ perbungkus sesuai ukurannya.

 

Usaha ini menjadi unik karena merupakan pelopor pertama di Indonesia yang mengolah kacang hijau menjadi cemilan dan sudah meraih sejumlah penghargaan di bidang UMKM dalam skala Provinsi maupun Nasional. Untuk pemasarannya, cemilan ini dipasarkan melalui toko dan secara Online. (Febrina Azura)