Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awan Panas Guguran Warnai Erupsi Sinabung Pagi Ini






Karo - Erupsi Gunung Api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali terjadi pada Minggu (23/08) pagi. Erupsi kali ini disertai dengan awan panas guguran ke arah tenggara Sinabung.


Data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos pemantau Sinabung, erupsi Sinabung pagi ini dengan tinggi kolom kurang lebih 1000 meter dan disertai awan panas guguran ke tenggara 1000 meter, Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi kurang lebih 12 menit 27 detik.


Foto: Sarianto Sembiring 

Saat ini Gunung Api Sinabung berada pada Status Level III (Siaga). PVMBG  merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.


Dan jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Selain itu tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, diharapkan  masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.