gtag('config', 'UA-171687211-1'); Abu Vulkanik Sinabung Sampai Ke Malaysia -->

Iklan Semua Halaman


.

Abu Vulkanik Sinabung Sampai Ke Malaysia

Monday, August 10, 2020




Erupsi Gunung api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terjadi pada Senin 10 Agustus 2020, ternyata membawa material abu vulkaniknya menyebar terbawa angin sampai kesebahagian wilayah Malaysia.

Jabatan Meteorologi Malaysia Kementerian Alam Sekitar Dan Air, melalui website resminya http://www.met.gov.my/, mengeluarkan siaran pers yang isinya tentang asap debu gunung berapi Sinabung memasuki ruang udara negara Malaysia, yakni di utara Selat Melaka dan negeri-negeri di utara serta timur Semenanjung Malaysia (Perak, Kedah, Perlis, Pulau Pinang, Kelantan, Terengganu dan Pahang) mulai malam ini.




Dalam siaran medianya tersebut juga menjelaskan dengan adanya abu vulkanik Sinabung tersebut dapat mempengaruhi operasi penerbangan di ketinggian 1.500 - 5.000 meter.

Berdasarkan model lintasan HYSPLIT yang dihasilkan oleh MET Malaysia dan prakiraan dari Pusat Peringatan Debu Gunung Berapi Regional Darwin (VAAC), Australia, masyarakat tidak perlu khawatir karena diperkirakan tidak akan mempengaruhi kualitas udara di negara Malaysia.

Selain itu dalam siaran medianya, MET Malaysia juga menyatakan tidak ada jejak gempa bumi dan tsunami yang diperkirakan akan melanda negara Malaysia akibat dari letusan gunung berapi.

Situasi Indeks Pencemaran Udara (IPU) saat ini di seluruh Indonesia menunjukkan kualitas udara yang normal (baik dan sedang).