gtag('config', 'UA-171687211-1'); 2 Youtuber Medan Ini Ditangkap Karena Sering Buat Kontent Hoax Tentang Polisi -->

Iklan Semua Halaman


.

2 Youtuber Medan Ini Ditangkap Karena Sering Buat Kontent Hoax Tentang Polisi

Wednesday, August 19, 2020






Medan- Polisi akhirnya menangkap 2 Youtuber Medan, yakni Beni Eduward (39) dan Joniar M. Nainggolan (45) pada Selasa (18/08) kemarin.

Keduanya ditangkap karena diduga menyebar konten hoax di akun youtubenya, dengan menyebut personel polisi menunggak pajak kendaraan Rp 3,7 juta.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Martuasah Tobing mengatakan, penangkapan berdasarkan laporan dari personel polisi Polda Sumut, Johansen Ginting.

“Korban merasa keberatan karena dikatakan menunggak pajak. Padahal korban rutin membayar pajak tepat waktu, bukan seperti yang disampaikan terlapor dalam video tersebut,” kata Martuasah Rabu (19/8).

Dugaan informasi hoax yang disebarkan tersangka, di upload diakun Youtube Joniar News Pekan. Korban mengetahui informasi itu, Senin (11/8) dari temanya.

“Keberatan karena video itu telah disebar oleh terlapor tanpa seijin korban dan mengandung unsur berita bohong atau hoax. Pelapor membuat pengaduan  ke Polrestabes Medan,” ujar Martuasah.

Berdasarkan laporan itu, polisi memeriksa sejumlah saksi termasuk petugas pajak yang kemudian mengatakan bahwa korban tepat waktu membayar pajak.

“Polisi juga meminta keterangan dari saksi ahli Bahasa dan ITE dari Universitas Sumatera Utara. Penyidik juga melakukan gelar perkara untuk kemudian menetapkan mereka menjadi tersangka,” ungkap Martuasah.      

Kedua Youtuber ini akhirnya ditahan di Polrestabes Medan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mereka diduga  melanggar pasal pasal 45 ayat (3) UU RI No. 11 Tahun 2016 dan atau Pasal 45A ayat (1) tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik Subs pasal 14 ayat 1 Undang undang RI Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.