Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Wabup Sergai : Dengan UMKM Masyarakat Sergai Lebih Sejahtera.





SERDANG BEDAGAI- Wakil Bupati Serdang Bedagai  H. Darma Wijaya, S.E., Kunjungi Kelompok Jamur Tiram Domas (JATIRAMDO) di Desa Blok 10, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Sedang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Sabtu, (25/07/2020).

Wabup Sergai H Darma Wijaya dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi  Kelompok Jatiramdo yang telah berhasil mengembangkan budidaya Jamur Tiram, di tengah masyarakat (SERGAI).



"Luar biasa, saya salut kepada Edi Perianto, atas kerja kerasnya membangun budidaya jamur tiram di sini, selain budidaya, saya juga melihat Edi berhasil membuat tempat pelatihan budidaya jamur dan menjual benih jamur atau Baglog siap pakai",




Lanjut Darma Wijaya, hal ini merupakan bentuk usaha yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat bawah, dan dapat meningkatkan kesejahteraan  masyarakat. selain inovasi budidaya ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, saya juga menilai budidaya jamur tiram juga  merupakan upaya dalam menjaga ketahanan pangan di masyarakat Serdang Bedagai.


Di masa ini, penyebaran (COVID-19 ). di Serdang Bedagai cukup tinggi, untuk itu H.Darma Wijaya berharap, agar kelompok-kelompok UMKM di Masyarakat dapat lebih dikembangkan, untuk dapat membantu masyarakat dapat hidup layak, lebih sejahtera, juga sehat dan menjadi peluang usaha terbaik di Indonesia khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai. Ucap Darma Wijaya



Sementara Ketua Kelompok Jamur Tiram Domas (Jatiramdo) Edi Perianto (36) mengucapkan terima kasih kepada Wabup Sergai atas kunjungannya ke Kelompok Jatiramdo Dolok Masihul.

Edi mengisahkan, berawal dari tahun 2013, saya  memulai mendirikan wirausaha budidaya Jamur Tiram, dengan inspirasi segi bisnis Jamur sangat menguntungkan, sebab memiliki harga jual yang cukup tinggi, dan permintaan pasar akan jamur terus meningkat serta waktu panennya singkat, sehingga perputaran modalnya dapat berlangsung cepat.

"Bahan dasar untuk membudidayakan jamur ini pun mudah didapatkan karena menggunakan serbuk gergajian kayu yang dapat dengan mudah didapatkan. Sedangkan peluang pasarnya sendiri masih terbuka lebar asal kita jeli dalam melihat pasar," ujar Edi. (Balo)