Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Senin Kebun Binatang Surabaya Buka Lagi, Terapkan Dua Sif Kunjungan


Pengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS) mengambil keputusan untuk membuka pintu masuk bagi pengunjung pada Senin (27/7). Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS menyiapkan dua sesi jadwal kunjungan setiap hari. Untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung, pengelola sudah menyiapkan batas maksimal.

Dirut PDTS KBS Chairul Anwar menyatakan, saat ini pengelola melakukan simulasi sebelum lembaga konservasi yang menjadi jujukan warga Jatim itu kembali dibuka.

’’Kami ingin memberikan edukasi di era new normal ini, terutama kunjungan ke KBS,’’ ucapnya.

Saat dibuka nanti, pengelola menjual tiket secara daring. Link-nya akan diunggah di website KBS. Tiket daring dibuat untuk mencegah kerumunan pengunjung membeli karcis di pintu masuk.

Sementara itu, di area dalam KBS telah disiapkan beberapa sarana pendukung. Terutama titik kunjungan melihat satwa. Telah disediakan 25 wastafel dan sekitar 50 hand sanitizer yang bisa digunakan pengunjung selama berwisata.

Mengenai teknis pengaturan pengunjung, Chairul menyampaikan ada dua sif pengunjung per hari. Sif pertama dibuka pukul 08.30–11.30. Kemudian, ada jeda sekitar satu jam. Baru sif kedua dibuka pukul 12.30–15.30.

Selama jeda, pengelola akan melakukan review terkait dengan kondisi KBS dan satwa-satwanya. Termasuk melakukan penyemprotan area agar steril dan bisa kembali digunakan pengunjung di sif berikutnya.

Bukan hanya sif yang diatur. Kapasitas pengunjung dalam sif juga dibatasi. Saat weekday, Senin–Kamis, per sif kuota maksimal 750 orang. Saat weekend, Jumat–Minggu, kuotanya lebih banyak. Per sif sekitar seribu orang.

Saat pembukaan nanti, pengelola juga menutup sementara wahana. Khususnya wahana yang langsung berinteraksi dengan satwa. Itu dilakukan sesuai dengan saran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim.

Terkait dengan layanan parkir pengunjung, Chairul mengatakan bahwa seluruh parkir akan ditempatkan di gedung Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Area parkir KBS untuk sementara tidak dioperasikan.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Ridlo Noor Wahab menuturkan, pihaknya sudah siap terkait dengan pembukaan pengunjung KBS. Petugas akan disiapkan guna mengantisipasi ramainya pengunjung yang parkir kendaraan di TIJ.

Kapasitas TIJ cukup luas untuk menampung pengunjung. Untuk roda empat, ada 363 slot. Untuk sepeda motor, ada kuota 500 tempat. Bus juga bisa parkir di area itu. Jika membeludak, kapasitas empat armada bisa disiapkan sampai 12 slot. Seperti yang dilansir dari jawapos.com.