Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Sempat Ditutup Wisata Gunung Telomoyo Dibuka Kembali


Setelah ditutup karena pengunjung yang membludak, wisata Gunung Telomoyo akan kembali dibuka. Namun dengan pengaturan protokol kesehatan secara ketat.

Pintu masuk menuju Gunung Telomoyo, melalui Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang dan melalui Dusun Pagergedog, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandean, H Wardoyo mengatakan, setelah ditutup, kemudian dilakukan evaluasi. Selama dua hari, Rabu dan Kamis dilakukan simulasi serta hari ini libur, digunakan untuk penyemprotan disinfektan dan pembersihan sampah-sampah.

“Mulai besok Sabtu, (25/7), kita buka ada uji coba berbayar, tapi tarafnya masih uji coba. Nanti pengunjung akan diberi pita untuk membedakan pengunjung per paketnya. Adapun pengunjung yang datang pada paket pertama atau pagi memakai pita warna kuning. Untuk yang siang memakai pita warna hijau, kemudian merah dan terahir putih, sekaligus sebagai penanda kalau paktnya sudah habis," katanya Jumat (24/7).

Pada hari Sabtu dan Minggu, pengelola akan melibatkan TNI/Polri untuk mengantisipati agar tidak seperti kemarin (membeludak).  Jumlah pengunjung per paket ada 300 orang. Pengunjung yang naik melalui Dusun

Ketua LMDH Sidodadi, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Ahmad Nuri menuturkan, di wilayahnya per paketnya ada 300 pengunjung dan memakai pita yang sama dengan pengunjung dari Dalangan.

“Mulai besok untuk pengunjung Gunung Telomoyo mulai Dusun Pagergedog, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, dibuka kembali. Jumlah pengunjung perpaketnya 300 orang. Maksimal pengunjung di atas 600 orang,” katanya.

Menurut Ahmad Nuri, pengunjung yang melalui Dusun Pagergedog nantinya juga akan ditandai dengan memakai pita. Pita yang dipakai pengunjung nantinya sama dengan pengunjung yang masuk melalui Dalangan. Kemudian, untuk Dusun Pagergedog, sebelumnya telah melakukan simulasi.

"Setelah dibuka pada, Sabtu (11/7), kemudian tepatnya Minggu (19/7), ditutup sementara karena pengunjung yang membeludak. Kemudian, setelah itu dilakukan evaluasi oleh pengelola untuk Rabu (22/7) dan Kamis (23/7), dilakukan simulasi dari pintu masuk Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak. Untuk masa uji coba pembukaan dengan prabayar ini mulai Sabtu (25/7), sampai dengan, Kamis (30/7)," katanya.

Disebutkan, untuk pembukaan gunung telomoyo dibagi dalam empat sesi atau paket. Pertama, pengunjung melihat sunrise mulai pukul 04.00 sampai 09.00 WIB. Kemudian, paket kedua mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Dilanjutkan paket ketiga pukul 12.00 sampai 15.00 WIB dan terakhir paket sunset mulai pukul 15.00 sampai dengan 19.00 WIB. Seperti dilansir dari gatra.com.