Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Satgas Yonif 125/Si’mbisa Ajarkan Warga Merauke, Ciptakan Kerajinan Tangan Anyaman Lidi




Merauke – Untuk menggali potensi dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah diapat, Satgas Yonif 125/Si’mbisa ajarkan keterampilan membuat kerajinan tangan anyaman lidi kepada warga Jalur 5 A Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si'mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (25/7/2020).

Dansatgas menuturkan, pelatihan kerajinan tangan ini dilaksanakan di depan rumah Bapak Urbanus yang melibatkan tiga orang personel Satgas dari Pos Kout dipimpin Serda Arno A. Naibaho.

“Selain berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan warga, kegiatan ini juga merupakan wahana untuk meningkatkan keakraban antara Satgas dengan warga,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, beberapa personel kita memang sudah dibekali dari home base jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Merauke, sehingga keterampilan yang mereka miliki sudah sepatutnya ditularkan kepada warga sekitar.



“Wujud kepedulian kita (Satgas) dalam membantu kesulitan warga dihadapkan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, salah satunya memberi pelatihan keterampilan yang hasilnya bermanfaat dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Anjuanda.

Disela-sela kegiatan pelatihan, Ibu Eni (39) merupakan salah seorang peserta yang ikut belajar membuat anyaman lidi mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Yonif 125/Si’mbisa khususnya Pos Kout atas ilmu keterampilan yang diberikan kepada mereka.



"Dengan ilmu keterampilan yang diberikan bapak Tentara, kami bisa menggunakan waktu senggang untuk mengolah lidi kelapa ini menjadi mangkok dan piring untuk keperluan sehari-hari,” ujar Eni.
Sementara itu, bapak Urbanus (43) Kasi Pemerintahan Kampung Sota menyampaikan ucapan terima kasih atas pelatihan keterampilan yang dilakukan Satgas Yonif 125/Si’mbisa kepada warganya.

"Kerajinan tangan  ini sangat bermanfaat, apalagi bagi keluarga yang punya anak kecil, karena piringya kalau jatuh tidak akan pecah,” ujarnya sambil tersenyum. ( Zul )