Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget




 

Malaysia Buka Wisata Berobat dari 6 Negara Ini, Indonesia Belum


Pemerintah Malaysia mengizinkan wisatawan yang ingin berobat dari negara yang masuk kategori hijau Covid-19 untuk datang ke negaranya. Menteri Senior (Kluster Keamanan), Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan negara yang termasuk kluster hijau itu adalah Brunei Darussalam, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

"Orang dari enam negara ini boleh memasuki Malaysia menggunakan pesawat komersial, terutama yang ingin mendapatkan perawatan di negara ini," kata Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob dalam jumpa pers harian di Putrajaya, Selasa 21 Juli 2020. Kendati izin sudah diberikan, dia melanjutkan, mekanismenya diatur antar-kementerian luar negeri Malaysia dengan negara terkait.

Sebelum masuk ke wilayah Malaysia, orang yang hendak berobat itu wajib menjalani tes Covid-19. Begitu juga setibanya di Malaysia. "Mereka kemudian dijemput di pintu masuk dan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan," katanya.

Di tempat berbeda, Kepala Pemasaran Institut Jantung Negara atau IJN, Akim Affandi Ahmad mengatakan selama ini hanya menerima pasien dari luar negeri yang kondisinya dalam keadaan darurat. "Kami hanya menerima pasien kasus darurat (medical evacuation) dan dari pesawat carter," katanya.

Semua pasien dari luar negeri beserta pendampingnya harus menjalani tes Covid-19 sebelum tiba di Malaysia. Kemudian sesampainya di Malaysia, kembali mengikuti tes Covid-19 dan menjalani isolasi selama 14 hari di rumah sakit. Seperti dilansir dari tempo.co.