Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Monetize your website traffic with yX Media

Makan Sambil Menikmati Pemandangan 'Cantik' di Tepi Danau


Tukang parkir Warung Tepi Danau sedang menaruh kursi yang nantinya diduki sambil menunggu pengunjung. Memasuki warung sudah terdengar lagu Indonesia yang menemani telinga pengunjung. Warung yang terletak di Jalan Carang Pulang, Dramaga, Bogor sudah menjadi destinasi favorit warga setempat.

Juru parkir, Farhan mengatakan pengunjung biasanya sudah mulai berdatangan pukul 11.00 WIB. Namun, karena baru buka pukul 12.00 WIB, terkadang mereka menunggu di pinggir danau.

Ia menuturkan kalau sedang ramai, lahan parkir yang memuat kendaraan tidak cukup. Bahkan kata dia, untuk mobil bisa parkir sampai ke bibir jalan. Sedangkan untuk motor, memakai lahan kosong yang terletak di sebelah kiri tempat makan.

Selain itu, Farhan menambahkan biasanya pengunjung ramai berdatangan saat akhir pekan. "Biasanya ramai pas weekend. Mulai dari jam 15.00 WIB," tutur Farhan kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Salah satu pengunjung, Wulan yang datang dari Bojonggede menyebut menyukai konsep outdoor yang dihadirkan di Warung Tepi Danau. Ia mengaku baru pertama kali berkunjung. Sebelumnya, ia tahu dari laman media sosial.

"Baru pertama kali datang ke sini. Untuk suasana alamnya dapet banget. Saya tahu tempat ini juga dari Instagram," katanya.

Menurutnya makanan dan minuman yang dihadirkan juga beragam. Selain ada makanan Indonesia juga ada makanan luar seperti chicken teriyaki dan chicken katsu. Harganya pun kata dia terjangkau.

Pengunjung lain, Taruma mengatakan dirinya sangat menyukai tempat makan ini dengan konsep outdoor yang dekat dengan alam. "Cukup enak lah untuk konsep outdoor. Di pinggir danau dan banyak pohon jadinya sejuk," katanya.

Kebetulan ia datang dari Gunung Batu, Bogor. Karena searah, ia mampir bersama anak dan istrinya yang baru pertama kali ke sini. Taruma mengaku dirinya sudah beberapa kali datang ke Warung Tepi Danau. Tempo lalu, ia bersama dengan teman-temannya juga datang ke Warung Tepi Danau.

Menurutnya, yang menarik perhatian pengunjung, selain konsep outdoor, harga makanannya pun terjangkau. "Saya ke sini selain suka dengan konsep outdoor-nya, juga harga makanan di sini murah untuk sekelas cafe ya," ujar dia.

Supervisor Warung Tepi Danau, Astriana Kurdi yang kerap dipanggil Astrid menjelaskan tempat makan ini sudah ada sejak November 2018. Pemilik rumah makan kata dia memang mencintai alam sehingga mendatangkan ide untuk mendirikan tempat makan dengan konsep alam yang dihadirkan. Kebetulan, tanah di pinggir danau memang milik pemilik tempat makan.

Area Warung Tepi Danau bisa menampung ratusan pengunjung. Astrid menjabarkan untuk area outdoor bisa memuat 60 orang. Sedangkan area indoor bisa memuat 40 orang. Karena pandemi, jumlah pengunjung dibatasi setengahnya.

Selama pandemi, pihak rumah makan juga mengikuti sejumlah protokol yang ketat. "Selama Covid-19 kita mencek suhu pengunjung terlebih dahulu, wajib menggunakan masker, dianjurkan cuci tangan sebelum memasuki warung, dan diatur jarak," jelasnya.

Pengunjung yang berdatangan kata Astrid tidak hanya berasal dari warga setempat. Namun, ada yang dari luar kota seperti Tanjung Priok Jakarta Utara.

Area tempat makan juga dilengkapi dengan fasilitas taman bermain anak, mushola, dan pemandangan danau. Area outdoor memang menjadi destinasi utama para pengunjung yang datang.

Apalagi kalau malam, lampu-lampu dinyalakan. Gemerlap lampu akan menambah nilai estetika tempat makan ini. Oleh karena itu, area outdoor kerap pula menjadi spot foto. Astrid menuturkan jika terjadi hujan, pengunjung yang berada di outdoor akan diarahkan ke indoor.

Sementara untuk jam operasional warung makan ini selama pandemi buka pada hari Selasa hingga Minggu pukul 12.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Sedangkan harga makanan kata dia pun terjangkau. Sehingga bisa diterima untuk semua kalangan.

"Harga kisaran di sini masih seharga warung-warung tenda. Sementara ini konsepnya resto cafe. Alhamdulillah bisa diterima di masyarakat karena murah dan enak," tuturnya. Seperti dilansir dari republika.co.id.