gtag('config', 'UA-171687211-1'); Ini Dia Manfaat Daun Eucalyptus -->

Iklan Semua Halaman


.

Ini Dia Manfaat Daun Eucalyptus

Tuesday, July 7, 2020

Daun herbal kayu putih atau dikenal dengan nama ilmiahnya yakni Eucalyptus mendadak makin populer setelah diklaim bisa menangkal virus Korona. Klaim itu datang dari Kementerian Pertanian yang mengungkapkan ada kandungan Eucalyptus di dalam kalung antikorona.

Sebenarnya, apa saja manfaat daun Eucalyptus yang dikatakan bisa menghalau virus korona?

Dilansir dari Live Strong, Senin (6/7), daun tersebut berasal dari tanah pohon kayu putih asli Australia. Dan dikenal di wilayah itu sebagai pohon antidemam.

Selain Australia, Jerman juga memiliki daun teh eucalyptus standar yang bisa dijadikan sebagai pengobatan untuk bronkitis dan sakit tenggorokan. Daun eucalyptus bisa dibuat dalam secangkir teh untuk meredakan pilek dan flu musiman.

Dan ternyata efek anti-mikroba dalam kandungan daun eucalyptus juga didukung oleh penelitian ilmiah. Tapi, wajib konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba mengonsumsi daun itu karena bisa saja bereaksi dengan obat-obatan lain.

Turunkan Gula Darah

Sebuah studi berbasis hewan yang diterbitkan dalam edisi Agustus 1998 dari ‘Journal of Nutrition’ mencatat, daun pohon eucalyptus, yang dikenal sebagai eucalyptus globulus dalam komunitas ilmiah, dapat menawarkan pelengkap makanan bagi mereka yang menjalani perawatan untuk diabetes. Tanyakan kepada dokter berapa banyak dosis yang aman untuk Anda minum.

Anti Radang Alami

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa minyak yang diekstrak dari daun pohon eucalyptus memiliki sifat anti-inflamasi. Khususnya jika digunakan pada orang yang menderita asma dan gangguan sensitif steroid lainnya sebagai terapi jangka panjang.

Daun kayu putih kering menawarkan metode ringan. Satu studi yang diterbitkan dalam ‘Respiratory Medical Journal’ pada Maret 2003 mencatat bahwa temuan uji coba terkontrol plasebo double-blind menyimpulkan, eucalyptol adalah agen mukolitik yang bermanfaat pada penyakit saluran napas atas dan bawah. Sehingga dapat membantu dalam melarutkan lendir.

Anti-Bakteri

Jurnal ‘Phytotherapy Research’ Maret 2007 menerbitkan sebuah penelitian yang mengutip bahwa ekstrak minyak daun kayu putih menghambat pertumbuhan tiga bakteri. Yakni bakteri staphylococcus aureus, penyebab radang tenggorokan. Lalu escherichia coli, lebih dikenal sebagai E. coli dan candida albicans, penyebab infeksi jamur. Pusat Medis Universitas Maryland merekomendasikan daun ini bisa diminun hingga tiga cangkir teh per hari untuk orang dewasa.

Catatan

National Institutes of Health (NIH) memperingatkan bahwa produk yang mengandung minyak kayu putih yang diminum bersamaan dengan beberapa obat lain, akan meningkatkan efek samping dari obat-obatan tersebut. Selanjutnya, NIH merekomendasikan pemantauan ketat gula darah untuk penderita diabetes yang mengkonsumsi produk yang mengandung ekstrak daun eucalyptus. Wajib konsultasi dulu dengan dokter. Seperti dilansir dari jawapos.com.