gtag('config', 'UA-171687211-1'); Gara Gara Jual Beli Kayu Pria Ini Ditangkap Polisi -->

Iklan Semua Halaman


.

Gara Gara Jual Beli Kayu Pria Ini Ditangkap Polisi

Wednesday, July 8, 2020


DeliSerdang – Petugas Unit  Reskrim Polsek Tanjung Morawa Polresta Deli Serdang, akhirnya menangkap tersangka kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan  bernama Muhammad Ependi Hutabarat, (58), warga Dusun III, Gg. Serumpun, Desa Dagang Kerawang. Kecamatan Tanjung Morawa. Selasa (07/0720).

Ditangkapnya Muhammad Ependi Hutabarat berawal dari laporan pengaduan korban Jawakil Butar Butar SH, M.Hum (65) warga jalan Kongsi Desa Marendal I Kecamatan Patumbak, kepada aparat Kepolisian Polsek Tanjung Morawa tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan yang dialami korban.

Awalnya pada 6 April 2020 lalu, korban mendapat telepon dari saksi Ilham Sitorus yang mengabarkan bahwa pelapor menjumpainya dengan maksud membeli kayu jenis jabon milik korban yang berada diladang yang juga milik korban, di Dusun IX Desa Wonosari Tanjung Morawa.

Foto: Dok.Humas Polresta Deli Serdang


Pelaku menawarkan akan membayar sebesar Rp. 6.500.000,- (enam juta lima ratus ribu rupiah) untuk 28 (dua puluh delapan) batang kayu jenis jabon milik korban. Mendapati kabar itu korban pun menyepakati kepada saksi Ilham Sitorus untuk menjual kayu tersebut kepada pelaku.

Lalu pada 9 April 2020, korban dan pelaku bertemu di ladang korban yang pada saat itu pelaku sedang mengangkat kayu terakhir dari 28 batang kayu yang disepakati untuk di perjual belikan.
Saat itu korban menanyakan waktu pembayaran terhadap kayu miliknya, dan pelaku mengatakan akan membayar Rp.6.500.000,- jika kayu tersebut telah laku dijual ke perusahaan.

Saat ditagih pelaku tak kunjung membayar, kemudian pada 3 Juni 2020 antara korban dan pelaku membuat surat perjanjian pembayaran terhadap 28 batang kayu jenis jabon milik korban seharga Rp.6.500.000,- yang menjadi tanggung jawab pelaku untuk membayarnya paling lama pada tanggal 15 Juni 2020, namun sampai tanggal 24 Juni 2020, pelaku tidak juga melakukan pembayaran. Akhirnya korban pun melaporkan pelaku ke petugas Kepolisian Polsek Tanjung Morawa.

Mendapati laporan pengaduan dari masyarakat, Petugas dari  Unit Reskrim Polsek Tanjung Morawa bergerak cepat dan akhirnya menangkap pelaku di warung mie aceh Jalan Bandar Labuhan Desa Dagang Kerawang.

Kapolsek Tanjung Morawa Polresta Deli Serdang AKP Sawangin mengatakan, telah menangkap pelaku terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan.

“Ya benar MEH kemarin telah diamankan unit Reskrim terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan, dan terhadap MEH kita persangkakan Pasal 378 Jo 372 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 3 tahun 8 bulan penjara”, ujar Kapolsek.