Bulan Agustus Akan Ada Nikah Gratis di Bengkulu

Iklan Semua Halaman


.

Bulan Agustus Akan Ada Nikah Gratis di Bengkulu

Senin, 27 Juli 2020

Pengadilan Agama Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat akan menggelar sidang isbat nikah gratis sekitar bulan Agustus 2020, sebagai upaya mengurangi jumlah warga yang belum tercatat secara administrasi negara.

"Rencananya pelaksanaan sidang isbat nikah gratis bagi puluhan pasangan yang sudah menikah tetapi belum memiliki buku nikah ini bertepatan dengan HUT ke-3 PWI Kabupaten Mukomuko pada pertengahan bulan Agustus tahun ini,” kata Ketua PWI Kabupaten Mukomuko Budi Hartono di Mukomuko, Ahad (26/7).

Ia mengatakan hal itu usai menghadiri kegiatan verifikasi warga setempat yang akan menjadi peserta sidang isbat nikah gratis yang dilakukan oleh Pengadilan Agama setempat di aula pertemuan Kantor Camat Kota Mukomuko.

Tim dari Pengadilan Agama Kabupaten Mukomuko dan pihak Kecamatan Kota Mukomuko yang melakukan verifikasi data pasangan yang akan menjadi peserta sidang isbat nikah gratis.

Budi mengatakan, awalnya PWI menargetkan sebanyak 20 pasangan sidang isbat nikah ini, ternyata yang berminat sebanyak 23 pasangan, tetapi yang memenuhi persyaratan sebanyak 20 pasangan.

“Ada satu pasangan tidak hadir saat verifikasi dan pendataan satu orang lagi terganjal administrasi. Yang bersangkutan pernah menikah dan tidak bisa menunjukkan akte cerai dari Pengadilan Agama," ujarnya.

Selanjutnya dari hasil verifikasi data puluhan pasangan ini akan dikoordinasikan kembali kepada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Mukomuko agar dilakukan pengecekan ulang.

Apabila nama sebanyak puluhan pasangan berdasarkan hasil verifikasi data itu benar pernikahannya belum tercatat di KUA, maka mereka otomatis bisa mengikuti sidang isbat nikah gratis.

Ia mengatakan, sebanyak puluhan pasangan ini tidak hanya mengikuti sidang isbat nikah gratis tetapi pasangan ini juga bisa langsung mendapatkan buku nikah resmi dari KUA setempat. Seperti dilansir dari republika.co.id.