Wow, 159 Kg Sabu Jaringan Internasional Diamankan di Perairan Aceh

Iklan Semua Halaman


.

Wow, 159 Kg Sabu Jaringan Internasional Diamankan di Perairan Aceh

Kamis, 25 Juni 2020

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri kembali menggagalkan penyelundupan narkotika jaringan internasional ke Indonesia. 3 jenis narkoba berhasil diamankan. Yakni sabu, ekstasi, dan happy five (H5).

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, penangkapan ini merupakan bagian Operasi Halilintar 2020 antara Polri dan Bea Cukai. Jaringan ini terungkap berdasarkan pengungkapan kasus narkoba disebuah bengkel las di Kota Bekasi pada 27 Mei 2020.

“Kita dapatkan pelaku yang saat itu sedang transaksi dengan inisial ES menerima penyerahan barang narkotika di bengkel dengan total 35 kilogram,” kata Listyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/6).

Dari pengungkapan tersebut, polisi kemudian menangkan tersangka lain berinisial SD di Pekanbaru, Riau dengan barang bukti 5 kilogram sabu, 3.000 butir ekstasi dan 300 butir H5. Pelaku diketahui hanya berperan sebagai kurir.

Berdasarkan pengakuan tersangka, narkoba tersebut adalah kiriman dari Tiongkok. Transaksi dilakukan di perairan Aceh. Tersangka sendiri diketahui berhubungan dengan Mr X yang berada di Malaysia.

“Mr X ini berhubungan dengan saudara A yang ada di lapas. Dari situ kami ikuti dan didapat informasi ada pengiriman secara ship to ship,” jelas Listyo.

Secara keseluruhan polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa, 159 kilogram sabu, 3.000 butir ekstasi dan 5.300 H5. Sedangkan tersangka yang ditangkap berjumlah 6 orang. Yakni ES, SD, US, SY dan IR.

Atas perbuatanya, para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) junto Pasal 13 ayat (2) Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 subsider Pasal 112 dan 115. Para tersangka terancam hukuman pidana mati. Seperti dikutip dari jawapos.com