Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RS USU Adakan Rapid Test Gratis


Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Rumah Sakit USU menggelar Rapid Test massal kepada masyarakat Kota Medan secara gratis, Selasa (09/06/2020).

Dalam Rapid Test massal tersebut, Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum juga memantau langsung masyarakat yang melakukan Rapid Test di Rumah Sakit USU.

Runtung mengatakan bahwa Rapid Test ini dilakukan secara gratis kepada masyarakat untuk mengetahui apakah masyarakat terjangkit virus Corona (Covid-19) apakah tidak.

"Ini merupakan partisipasi USU melalui Rumah Sakit USU untuk melakukan Rapid Test massal kepada masyarakat secara gratis untuk mengetahui sejak dini apakah terjankit Covid-19 atau tidak," katanya kepada wartawan.

Runtung menuturkan bahwa Rapid Test massal ini merupakan bantuan dari pihak donatur untuk diberikan kepada masyarakat secara gratis.

"Jadi, bantuan ini dari pihak ketiga bukan dana universitas. Jadi kita salurkan niat dari donatur itu untuk membantu masyarakat baik alat regensia, Rapid Test, dan APD semua gratis," tuturnya.

Runtung mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan donatur tersebut secara bertahap ada sebanyak 10 ribu Rapid Test yang nantinya akan didistribusikan ke beberapa kabupaten/kota di Wilayah Sumatera Utara.

"Hari ini kita lakukan di Kota Medan dan Rapid Test ini nanti kita distribusikan ke kabupaten/kota yang ada di Sumut secara bertahap," ungkapnya.

Runtung juga menambahkan bahwa nantinya, apabila ada yang reaktif dari hasil tersebut akan diperiksa di RS USU secara

"Yang reaktif akan kita lakukan swab di RS USU," tandasnya. (Fajar)