gtag('config', 'UA-171687211-1'); Pemerintah Genjot Produktivitas Masyarakat Lewat Internet -->

Iklan Semua Halaman


.

Pemerintah Genjot Produktivitas Masyarakat Lewat Internet

Friday, June 26, 2020

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate menyatakan pemanfaatan internet di desa maupun sekolah menjadi misi kementerian yang ia pimpin untik mendukung adaptasi kebiasaan baru untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. "Penggelaran layanan di lokasi yang susah dijangkau ini didorong oleh misi Kemkominfo untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru secara merata ke seluruh negeri dan merupakan bagian dari progrram percepatan digitalisasi nasional," kata Johnny saat kunjungan kerja ke Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur selama dua hari, 25-26 Juni.

Kedatangan Menkominfo ini mninjau sekaligus meresmikan pelayanan dan pemanfaatan akses internet di Puskesmas Wolo, Kecamatan Demon Pagong. Layanan akses internet ini difasilitasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo.  Ia menambahkan sektor komunikasi informatika merupakan salah satu sektor yang dalam masa pandemi ini justru harus bekerja lebih keras memastikan bahwa produktivitas masyarakat selama masa pembatasan sosial berskala besar ini tetap terjaga. Melalui pemanfaatan teknologi telekomunikasi dan informasi digital, masyarakat diharapkan tetap dapat melangsungkan aktivitasnya dengan lancar.  "Oleh sebab itu, Kominfo melalui BAKTI tak berhenti dalam menggelar pembangunan layanan dan perawatan jaringan telekomunikasi dan informasi di seluruh pelosok negeri," papar Johnny G Plate, saat meninjau Puskesmas Wolo, Kamis (25/6). Ia berharap kehadiran akses internet di pelosok-pelosok dapat mendorong percepatan pelayanan pemerintah daerah dan pedidikan menjadi semakin kompetitif. "Selain instansi pendidikan dan pusat-pusat kesehatan, kementrian kominfo juga menyediakan internet untuk kantor-kantor desa termasuk di Flores Timur. Dengan harapan akan tercipta layanan pemerintah yang lebih cepat, efisien, dan akurat. Internet yang cepat akan mendorong percepatan layanan pemerintah daerah dan pendidiakn menjadi semakin kompetitif menuju masyarakat digital," harap Johnny.

Bupati Flores Timur, Anton Hadjon  menyampaikan apresiaisi dan terimakasih kepada  Menkominfo RI yang datang dan meninjau langsung akses internet di daerah ini, sekaligus membantu meningkatkan pelayanan akses internet di sejumlah pelosok di wilayah Flotim. Hingga Juni 2020, akses internet yang dibangun BAKTI telah menjangkau lebih dari 7.764 lokasi di seluruh Indonesia dan masih akan terus bertambah. Untuk Provinsi NTT, terdapat 133 lokasi BTS dan 753 lokasi akses internet (AI) yang telah dibangun oleh BAKTI Kemkominfo. Khusus untuk Kabupaten Flores Timur, BAKTI Kemkominfo telah membangun 5 BTS dan 58 lokasi akses internet di sekolah, puskesmas, kantor desa, kantor layanan publik, dan lokasi wisata. Pada hari ini, Jumat (26/6), Menkominfo dijadwalkan akan berkunjung ke SMPN 1 Adonara di Desa Baya, Kecamatan Adonara Tengah dan Kantor Fesa Waloklibang untuk memantau pemanfaatan akses internet di sekolah dan kantor desa. Seperti dikutip dari mediaindonesia.com.