gtag('config', 'UA-171687211-1'); Hiu Paus Ditabrak Perahu Wisata di Perairan Jawa Timur -->

Iklan Semua Halaman


.

Hiu Paus Ditabrak Perahu Wisata di Perairan Jawa Timur

Thursday, June 25, 2020

Viral video di media sosial mengenai perahu wisata yang menabrak Hiu Paus (Whale Shark) di perairan Pasuruan, Jawa Timur. Diduga perahu sengaja ditabrakkan ke Hiu Paus agar penumpang bisa melihat dan memegangnya.

Video berdurasi 30 detik itu menampilkan beberapa orang naik perahu mendekati seekor Hius Paus yang menampakkan tubuh di permukaan. Hiu tersebut tertabrak perahu dan masuk ke dalam air.

"Kenek gegere iku, klatak. (Kena punggungnya itu, (bunyi) 'klatak' gitu," seru salah satu orang dalam video.

Puluhan Hiu Paus atau yang sering disebut Hiu Tutul mendatangi perairan Pasuruan hingga Sidoarjo. Kawanan ikan raksasa tersebut mulai tampak sejak akhir Mei 2020.

Kawasan Hiu Tutul setiap tahun mendatangi perairan Pasuruan untuk mencari makan plankton. Mereka sering terlihat pada bulan Juni-Agusutus, namun kadang muncul pada bulan Desember.

"Video itu benar terjadi di Pasuruan. Kami imbau pada masyarakat dan nelayan tidak mendekat atau menganggu Hiu Paus. Apalagi nanti jangan sampai kena jaring nelayan," kata Kasat Polairud Pasuruan AKP Poerlaksono, Kamis (25/6/2020). Seperti dilansir dari detikcom.