Efek Pandemi Corona, 272 Calon Jemaah Haji Batu Bara Batal Berangkat

Iklan Semua Halaman


.

Efek Pandemi Corona, 272 Calon Jemaah Haji Batu Bara Batal Berangkat

Kamis, 04 Juni 2020

Batubara - Sebanyak 272 calon jemaah haji di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara dipastikan batal berangkat ke tanah suci Makkah, Arab Saudi.

Keberangkatan calon jemaah haji tahun 2020 resmi dibatalkan Kementerian Agama Republik Indonesia menjelaskan pembatalan itu dilakukan salah satunya efek dari pandemi virus Corona yang tak kunjung selesai.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batubara, Ahmad Sofian didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Dra Refiyanti kepada awak media, Rabu (03/06/2020).

Ahmad Sofian mengatakan, "Dipastikan sebanyak 272 calon jemaah haji dari Kabupaten Batubara yang telah melakukan pelunasan ditunda keberangkatannya," jelasnya.

Dengan demikian, sebanyak 272 calon jemaah haji yang seharusnya berangkat tahun ini ditunda karena adanya pandemi Covid-19. Keberangkatannya ditunda sesuai kebijakan Kementerian Agama RI.

"Jemaah haji yang telah melunasi pada Badan penyelenggara ibadah haji (BPIH) tahun 1441 Hijriyah/2020 menjadi jemaah Haji pada penyelenggaraan ibadah Haji tahun 1442 Hijriyah/2021," ujar Kepala Kantor Kemenag Batubara Ahmad Sofian.

Ahmad Sofian, menghimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan berdoa agar wabah Covid 19 segera berlalu. Pelaksanaan ibadah haji tentunya harus memiliki persiapan yang matang demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan mulai dari pemberangkatan perjalanan sampai dengan pemulangan jamaah haji," ucapnya. (Helmi)